EDUCATION DEVELOPMENT COMMUNITY

Sabtu, 22 Februari 2014

GB DKI Agendakan "AKSI DEMO" Menuntut Quota Formasi PNS 2014


Salam Pendidikan,
Kementerian PANRB merencakan mengadakan Rapat Koordinasi Kamis, tanggal 27 Februari untuk menetapkan Formasi PNS 2014. Kementerian juga sedang menyusun Peraturan Pemerintah (PP) sebagai turunan dari UU No. 15 tahun 2014 tentang ASN. PP tersebut nantinya akan menjadi Dasar bagi Pemprov/Pemda, Kementerian, Lembaga Negara untuk mengangkat Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK). Prioritas pegawai yang akan diangkat adalah semua tenaga honorer yang sudah masuk pada database BKN, yang tidak terakomodir menjadi PNS, baik K1 maupun K2 dan termasuk GB DKI.

Mengetahui akan diakhirinya penerimaan CPNS melalui jalur honorer, kelompok-kelompok yang mengatasnakan Forum Guru Bantu DKI mengadakan “Rapat Konsolidasi” yang dimotori oleh Sekretaris PGRI DKI (Bapak ADI). Beliau sangat prihatin akan nasib GB DKI dan beliau jugalah yang menandatangani sehingga “Kesra GB DKI” dapat dicairkan.

Pada saat yang sama Pak ADI juga mengatakan bahwa “GUBERNUR JOKOWI BERSEDIA MENGANGKAT GB MENJADI PNS APABILA KEMENTERIAN PANRB MEMBERIKAN QUOTA PADA FORMASI CPNS 2014”, hal tersebut dinyatakan setelah melakukan konsultasi dengan berbagai unsur Birokrat Pemprov, diantaranya Kadis Pendidikan, Kepala BKD dan unsur  legislatif di DPRD DKI.

Menurut analisa Education Development Community (EDC), ada dua cara GB DKI dapat diproses menjadi PNS, yaitu :
1.       Gubernur mengajukan quota tambahan CPNS sesuai dengan kebutuhan dan keuangan daerah, sesuai dengan Surat Kepala BKN Kepada Gubernur, No. K. 26-30/V.11-7/99, tanggal 27 Januari 2014 tentang Penyusunan Formasi PNS Daerah 2014 butir c. (Surat dapat diundu pada web. BKN).
2.       Kementerian PANRB memberikan quota PNS kepada GB DKI pada Formasi PNS 2014.

Rapat Konsolidasi GB DKI mengambil keputusan untuk memilih cara yang kedua, yaitu dengan mengadakan “AKSI DEMO”, karena cara pertama susah ditempuh sebab menyangkut unsur-unsur birokrat Pemprov. Kepala BKD DKI sering "menyatakan" agar GB DKI mendorong Kementerian PANRB segera memberikan quota formasi PNS, atau dengan kata lain "SILAHKAN GB DEMO AGAR MENPAN MEMBERI QUOTA".

Setelah mempertimbangkan masukan dari peserta rapat, akhirnya pelaksanaan “Aksi Demo” ditetapkan Rabu, 26 Feburuari  Jam 07 bertempat di depan Kantor Kementerian PANRB.

Demikian disampaikan dan diharapkan seluruh GB DKI ikut berpartisipasi dalam memperjuangkan kursi PNS Guru Bantu DKI untuk Formasi 2014. Terima kasih.