EDUCATION DEVELOPMENT COMMUNITY

Rabu, 02 April 2014

Kepala BKD DKI "Dialog Interaktif" dengan GB DKI

Salam Pendidikan,

Menurut kamus bahasa Indonesia, PETISI mempunyai arti  PERMOHONAN RESMI KEPADA PEMERINTAH, dengan pengertian itulah FORKOM GB DKI mengajukan “PETISI” kepada Pemprov DKI dengan maksud dan tujuan “Memohon kepada Pemprov DKI agar menindaklanjuti pernyataan Menteri PANRB Bapak Azwar Abubakar pada tanggal 26 Februari yang menyatakan Kementerian PANRB bersedia memberikan kursi PNS kepada GB DKI”.

Kegiatan tersebut diagendakan jam 14.00, saya terlambat datang dan Bapak Gubernur meninggalkan Balaikota jam 15.00, karena sudah diagendakan pada kegiatan lain, saya mohon maaf demikian dikatakan Ketua Forkom GB DKI Drs. Antonius Manurung.

Ketika ditanya wartawan,  apakah kegiatan ini dalam kontek dukungan GB terhadap pencapresan Jokowi ?. Secara organisasi tidak, tetapi ada GB DKI yang membentuk komunitas “Relawan” yang mendukung pencapresan Jokowi, mungkin mereka menyampaikan terima kasih dalam bentuk aspirasi pencapresan Jokowi,  karena dua Gubernur sebelumnya tidak bersedia mengakomodir GB menjadi PNS, Bapak Jokowilah yang merubah kebijakan itu dan Pemprov DKI bersedia mengakomodir GB DKI menjadi PNS.

Apa salah teman-teman GB DKI berterima kasih kepada orang yang berbuat baik pada mereka?, demikian dikatakan Ketua Forkom GB DKI dihadapan puluhan wartawan media cetak dan media televisi. Saya paham banyak teman- teman  GB yang berbaju putih, berbaju hijau, berbaju kuning dan berbaju merah, secara organisasi tidak mungkin mereka dipaksakan berbaju yang sama, tujuan Forkom GB hanya satu yaitu memperjuangkan GB DKI menjadi PNS, demikian lanjutnya.

Semakin lama-semakin banyak GB DKI yang datang (1500-2000 orang), dan akhirnya Ketua Forkom menyarankan agar Pak Made sebagai Kepala BKD bersedia  memberikan “Pengarahan”. Awalnya akan dicarikan ruangan tetapi karena ribuan, akhirnya disepakati duduk dan berkumpul didepan kantor Balaikota. Dan kegiatan tersebut berkembang menjadi “Dialog Interaktif” tentang proses dan mekanisme pengangkatan GB DKI menjadi PNS. (Video kegiatan dapat dilihat di youtube)

Poin penting dari pengarahan Pak Made adalah :
1.       Pemprov DKI bersedia mengakomodir seluruh GB menjadi PNS.
2.       Pemprov DKI sedang menunggu kebijakan Menpan tentang jumlah quota GB menjadi PNS.
3.       Pemprov DKI telah menyerahkan data GB DKI (database BKN) ke Menpan untuk di Verifikasi, bukan untuk quota tambahan.

Demikian disampaikan, akan lebih baik jika berbuat sesuatu sambil mengeluarkan keringat untuk memperjuangkan GB DKI menjadi PNS, dari pada berfikir negative sambil “Galau-Galauan” di media Facebook.